BI Checking Online BISA

Semua konsumen yang membeli rumah di CitraIndah dengan sistem pembayaran melalui KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) sudah pasti akan melalui tahap BI Checking. Pada tahapan ini, bank akan mengecek nama, tanggal lahir, dan alamat calon nasabah (konsumen) ke Bank Indonesia. Jika ragu dengan status Anda, maka silakan melakukan BI checking ke kantor BI di Jl Thamrin, Jakarta atau cabang terdekat di kota Anda. Kini BI Checking bisa dilakukan secara Online. Prosedurnya cukup mudah. Yakni:

1. Kunjungi website Bank Indonesia di www.bi.go.id. Website BI agak membingungkan dan kurang informatif di menunya.Tidak aneh susah mencari-cari bagian BI Checking. Fienso sendiri lama mencari-cari Bi checking online, tidak nemu-nemu. Tidak sengaja, setelah lama mencari-cari, Fienso menemukan link Bi Checking. Jika bingung ke mana yang diklik atau dituju, klik saja di tautan berikut Info Debitur.

BI Checking

BI Checking

 

2. Setelah tampilan layar muncul seperti gambar di atas. Cari tautan Layanan Permintaan IDI Historis (agak di bawah) sampai menemukan tautan seperti gambar di bawah ini.

BI Checking

 2. Lalu klik tautan Layanan Permintaan IDI Historis

 

bi checking

 

Setelah tampilan layar muncul seperti gambar di atas, lanjutkan ke langkah mengisi formulir seperti berikut ini. Formulir akan muncul setelah Anda klik tautan Formulir yang nampak seperti di gambar di bawah ini

BI Checking

3. Isi formulir sesuai data yang diminta setelah klik Formulir Permintaan ID Historis tadi.

 

bi checking

 bi checking

4. Langkah terakhir, klik tombol Kirim Form

Prosedur ini ditempuh, bagi Anda yang pernah menunggak cicilan kredit bermotor, mobil, rumah, KTA, kartu kredit, dll, yang berhubungan dengan lembaga pembiayaan atau bank. Prosedur ini juga bisa dilakukan untuk sekadar "financial checkup" ke BI sehingga bisa meyakinkan diri kalau nama Anda tidak dicatutu (disalahgunakan) atau dipakai (dipijam) untuk mengajukan kredit orang lain.

Hasil Bi Checking SID (Sistem Informasi Debitur)

  • Jika hasilnya Collect 1, maka bagus, alias hutang lancar.
  • Jika hasilnya Collect 2, maka tercermin Anda pernah terlambat bayar. Dalam kondisi kredit macet atau NPL (Non Performing Loan) ini, KPR Anda masih bisa dipertimbangkan bank.
  • Jika hasilnya Collect 3, maka tercermin Anda pernah terlambat bayar lebih dari 1 bulan. Biasanya KPR tidak akan diterima bank.
  • Jika hasilnya Collect 4, maka tercermin Anda pernah terlambat bayar berbulan-bulan. Anda masuk kategori KPR akan ditolak
  • Jika hasilnya Collect 5, maka tercermin Anda pernah gagal bayar, dan masuk WO (write off)  alias blacklist.

JIka Anda pernah nunggak tetapi hutang sudah dilunasi, apakah Anda masih termasuk dalam daftar hitam?

Tunggu dulu 2 tahun sejak lunas, nama Anda biasanya baru bersih, walau sudah mengantongi surat lunas (wajib Anda miliki/minta). Misal, tunggakan Anda dilunasi 17 Agustus 2012, maka baru bersih 17 Agustus 2014. Jika bulan Juni 2014, Anda sudah booking rumah, dan berniat coba-coba mengajukan KPR ke bank, jangan harap proses KPR sebelum bulan Agustus akan di-acc bank.

Sistim Informasi Debitur (SID) dikelola Bank Indonesia mengacu pada SID (Sistem Informasi Debitur). Mencakup informasi indentitas debitur dan kondisi fasilitas kredit/pembiayaan yang diterima, meliputi plafon, baki debet, jangka waktu pembiayaan, dan kondisi (histories) pembayaran selama 24 bulan terakhir sejak posisi data dalam BI Cheking di up date (oleh pelapor, dalam hal ini bank kreditur). SID hanya per individu. Bukan dalam bentuk List (Daftar), sehingga juga disebut Informasi Debitur Individual (IDI).

Kalau yakin sudah bersih dan tidak lagi ada masalah dengan BI Checking, jangan lupa booking rumah dengan Fienso. Hubungi 021-27386088, 08164803147, atau 081282257456. Bisa juga via email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Semoga artikel yang Fienso susun bisa bermanfaat dan KPR Anda di-acc bank.

BI Checking

 

Search

© 2017 CitraIndah City. Sales: Fienso: 081282257456, 08564803147, http://citraindahciputra.com http://citraindahciputra.net http://fienso.com